Wishful Wednesday [4]

ImageSelamat datang Rabu! Selamat datang Harapan!

Buku harapan pertama di tahun 2014. Ini bukan baru, tertulis di wikipedia tahun terbitnya adalah tahun 1945. Novel satiris tentang sekelompok hewan yang menggulingkan kekuasaan manusia. Saya penasaran dengan “tujuh falsafah kehewanan” dalam novel ini. Poin ketujuh adalah “semua binatang adalah sama”. Membaca poin ketujuh tersebut pasti mengingatkan akan sesuatu kan? 😉

Namun, yang paling menarik dari novel ini adalah saya ingin tahu bagaimana Orwell menghadirkan hewan-hewan itu seperti halnya manusia. Saya penasaran dengan pesan yang bertebaran di novel ini.

“Kawan-kawan,” teriak Mayor Tua, “sudah jelas bahwa sumber kesengsaraan hidup kita tak lain adalah tirani manusia. Maka hanya dengan menyingkirkan manusia-lah kita bisa menikmati hasil keringat kita. Hanya dengan menyingkirkan manusia-lah kita menjadi merdeka.”

Bertahun-tahun para binatang hidup dalam penderitaan. Mereka tak ubahnya romusha buat tuan manusianya, si Tuan Jones. Kuda-kuda bekerja dengan hanya sedikit makanan untuknya. Ayam-ayam bertelur tanpa pernah bisa melihat anak-anaknya. Begitu pula burung-burung, itik, babi, domba dan binatang lainnya. Semua ber-nasib tak jauh beda.

Namun sejak mendengar pidato si Mayor Tua, mereka bertekad untuk membebaskan diri dari belenggu manusia. Mereka bertekad tidak akan lagi menjadi romusha.
Dipimpin dua babi cerdas, Snowball dan Napoleon, para binatang mulai menggalang keyakinan, dan kekuatan. Sampai akhirnya momentum itu, momen di mana mereka berhasil mengalahkan manusia penindasnya, memenangi pertempuran melawan bangsa manusia dan mengusir Tuan Jones dari peternakan dan pertaniannya.

Revolusi usai, dan kaum binatang pun berhasil menegakkan Republik Binatang sebagai rumah bagi kaumnya. Namun berbarengan dengan berdirinya Republik Binatang, masalah baru muncul, di mana beberapa kawan berubah culas dan kejam layaknya penguasa sebelumnya. Mereka mengambil keuntungan pribadi atas perjuangan bersama, dan mulai menyingkirkan kawan-kawan yang dianggap menghalanginya. Hukum lama ‘revolusi memangsa anak sendiri’ pun terjadi. Dan semua itu membuat para binatang frustasi.

Inilah fabel politik yang luar biasa, satir sekaligus bikin tertawa, yang oleh banyak kritikus disebut sebagai salah satu novel terbaik sepanjang masa. (bukabuku.com)

Mudah-mudahan saja novel ini masih bisa saya dapatkan, baik versi aslinya atau pun terjemahannya. Ayo bagi harapanmu!

Lalu, apakah buku impianmu? Ikutan Wishful Wednesday juga, yuk!

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =) Image
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)
Advertisements

8 thoughts on “Wishful Wednesday [4]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s